Wisata Religi Masjid K.H Burhan Purwodadi yang Tidak Boleh Terlewat

Siapa bilang jika hanya ada wisata alam di Purwodadi. Purwodadi juga memiliki wisata religi seperti masjid. Salah satu masjid yang harus traveler kunjungi ketika ada di Purwodadi adalah Masjid K.H Burhan. Masjid K.H Burhan ini banyak dikunjungi oleh traveler yang berasal dari luar daerah Purwodadi.

K.H Burhan sendiri merupakan putera dari K.H Konawi. K.H Konawi wafat saat pulang dari ibadah haji kemudian dimakamkan di daerah Srilanka. Perjuangan yang dilakukan oleh K.H Konawi dilanjutkan oleh K.H Burhan ini.

Masjid dengan Berbagai Keunikan

Awalnya, bangunan dari Masjid K.H Burhan hanya memiliki bentuk panggung sederhana. Kemudian di tahun 1991 yang lalu, tempat ini dipugar serta menjadi Langgar Gede K.H Burhan.

Di bagian serambi depan sengaja di perluas sehingga bisa menampung jamaah dalam jumlah yang semakin banyak. Bangunan yang hingga sekarang ini masih dipertahankan keasliannya adalah 4 soko guru, lantai geladag yang dibuat dari kayu jati serta ukiran serambi depan.

Salah satu keunikan yang akan traveler temui dan tidak akan ditemukan dari masjid lainnya adalah bedugnya yang menjadi bedug paling besar di Grobogan. Bedug ini dibuat dari kayu tanpa sambungan sama sekali. Jadi ketika singgah ke Grobogan atau Purwodadi, jangan lupa beribadah di obyek wisata religi ini agar bisa menyaksikan sendiri segala keunikannya.

Fasilitas dan sarana transportasi

Fasilitas yang disediakan Masjid K.H Burhan cukup lengkap seperti tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan jamaah. Selain itu tempat berwudu, kamar mandi umum dan yang lainnya.

Di sekitar Masjid K.H Burhan juga cukup banyak warung makan yang bisa dijadikan traveler sebagai tempat bersantap sesudah lelah berwisata.

Banyak sarana transportasi yang bisa dipakai untuk sampai di Masjid K.H Burhan. Traveler bisa memilih alat transportasi umum dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Apabila ingin memilih yang lebih praktis, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Agar tidak tersesat, gunakan petunjuk jalan seperti Google Map. Ikuti petunjuk jalan sesuai dengan arahan, traveler pun akan sampai di lokasi ini.

Tips Mengunjungi Masjid K.H Burhan

Terdapat beberapa tips yang harus traveler lakukan ketika mengunjungi Masjid K.H Burhan seperti menjaga kebersihan. Karena Masjid K.H Burhan merupakan tempat ibadah, menjaga kebersihan harus selalu dilakukan. Dengan menjaga kebersihan, traveler bisa ikut membantu kesucian Masjid K.H Burhan ini.

Selain itu, jangan lupa menghormati jamaah yang sedang melakukan ibadah. Traveler boleh menikmati momen selama ada di sini, namun hormati pula mereka yang sedang melakukan ibadah.