Pesona Waduk Kedung Ombo Purwodadi Wisata Alam Keluarga

Momen liburan keluarga bisa dihabiskan dengan liburan ke berbagai tempat menarik. Memilih menikmati akhir pekan bersama keluarga di berbagai spot wisata alam jadi pilihan tepat. Waduk Kedung Ombo di Purwodadi bisa jadi alternatif tepat untuk menikmati hari-hari libur bersama keluarga ataupun teman. Sudah pasti terdapat banyak keunikan serta fasilitas yang ditujukan bagi wisatawan.

Kedung Ombo menjadi salah satu waduk yang memiliki luas mencapai tiga kabupaten yakni Boyolali, Sragen dan Purwodadi. Maka dari itu lokasi waduk satu ini sering dikatakan berada di tiga kabupaten tersebut, namun masih berada di satu propinsi yakni Jawa Tengah.

Perlu traveler ketahui, bahwa sumber air di dalam waduk tersebut berasal dari beberapa sungai yakni Barholo, Nglanji, dan sungai Tengah. Sehingga tak heran bila Kedung Ombo jadi waduk terbesar di Jawa Tengah.

Aktivias di Waduk Kedung Ombo Purwodadi

Ada berbagai macam aktivitas bisa wisatawan lakukan di Kedung Ombo mulai dari menikmati pemandangan dari tengah waduk dengan cara menyewa perahu yang sudah tersedia di sekitar waduk. Akan tetapi bagi wisatawan yang ingin sewa perahu harus waspada agar tidak tenggelam dalam waduk. Mintalah peralatan keamanan pada pemilik perahu.

Tidak hanya menikmati pemandangan di area tengah saja, akan tetapi pengunjung masih bisa memancing di sekitar kawasan waduk. Ketersediaan ikan di Wadung Kedung Ombo terbilang sangat melimpah. Jadi sangat pas bagi para pecinta atau hobi memancing dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan menyenangkan tersebut.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Kedung Ombo

Menjadi satu spot wisata alam di Jawa Tengah, pastinya sisi fasilitas sudah terbilang lengkap. Ada berbagai fasilitas di lokasi wisata ini diantaranya toilet umum, tempat makan, tempat duduk untuk bersantai ditambah lagi gardu pandang untuk menikmati pemandangan Kedung Ombo dari atas.

Traveler bisa menikmati keindahan salah satu waduk di Jawa Tengah ini bermodalkan tiket masuk sekitar Rp. 5.000 per orang. Selain itu ditambah ongkos parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Sarana Transportasi

Jika berkeinginan liburan di waduk Kedung Ombo ini cobalah menikmati beberapa tranportasi alternatif seperti kendaraan pribadi ataupun bisa berupa mobil ataupun motor. Rutenya sangat mudah dilalui yakni dari arah Boyolali langsung ambil arah menuju Kalioso Gemolong. Jika dari Yogyakarta ambil rute ke Solo dahulu kemudian langsung menuju ke Kalioso Gemolong.

Berbagai macam panorama hingga suasana alam di Kedung Ombo bisa traveler nikmati kapan saja, namun pada saat musim liburan akan terlihat ramai, kemudian jangan berkunjung pada musim hujan karena pemandangan akan tertutup oleh awan mendung.