Lezatnya Nasi Jagung Botok Yuyu Purwodadi

Jalan-jalan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah tak lengkap rasanya apabila tidak mencoba menu-menu masakan tradisioanl khas daerah tersebut. Di kabupaten dengan ibukota Purwodadi ini, banyak masakan khas yang susah ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah Nasi Jagung Botok Yuyu Purwodadi.

Nasi berbahan jagung mungkin tak banyak yang mengkonsumsi. Padahal nasi jagung konon lebih bermanfaat bagi kesehatan daripada kita mengkonsumsi nasi beras. Konon jagung mampu menurunkan kolesterol hingga menurunkan risiko penyakit kanker dan jagung. Bila sudah mengetahui kebaikannya, maka jangan ragu mencoba wisata kuliner yang satu ini.

Komposisi Masakan

Lalu sebenarnya apa saja yang ada dalam masakan Nasi Jagung Botok Yuyu? Selain jagung sebagai komponen utamanya, yang penting lainnya adalah Yuyu. Apakah Yuyu? Ini adalah sejenis kepiting kecil yang hidup di persawahan, lumpur. Bentuknya seperti kepiting dengan cangkang, namun ukurannya kecil.

Dagingnya terasa kenyal dan nikmat dilidah setelah diolah jadi hidangan. Nilai gizi yang ada di dalam daging tersebut juga tidak kalah tinggi dengan kepiting dan makanan seafood yang lain.

Soal botok sendiri dapat dijelaskan adalah semacam makanan yang diramu dengan berbagai bumbu, dengan campuran kelapa parut, lalu dikukus. Di Jawa, orang lebih mengenal botok ikan teri. Jadi Nasi Jagung Botok Yuyu adalah nasi jagung yang dimakan dengan lauk botok yang ditambah bahan Yuyu.

Mengolah makanan ini tidak mudah. Nasi jagung sendiri melalui proses beberapa hari, mulai dari jagung yang direndam selama beberapa hari kemudian digiling berulang-ulang sebelum akhirnya diolah menjadi nasi jagung. Sementara untuk Yuyu, dibersihkan dulu dari lumpur-lumpur yang melekat. Setelah itu digiling hingga halus sebelum dimasak sebagai campuran botok.

Untuk menikmati seporsi nasi jagung botok yuyu di Purwodadi tidak mahal. Dengan uang tak lebih dari Rp 10.000, traveler sudah bisa menikmatinya lengkap dengan minum dan lauk lain. Salah satu yang kerap dijadikan paduan makanan ini adalah keripik yuyu.

Lokasi

Lalu di mana traveler bisa menikmati makanan khas Purwodadi ini? Pilihan terbaiknya yaitu mampir ke Kampung Danyang, Kecamatan Purwodadi. Bila dari Simpang Lima Purwodadi, susuri jalan ke arah Solo, sekitar 1 kilometer akan ada papan petunjuk menuju ke Kampung Danyang.

Di sini terdapat beberapa warung makan yang menyajikan nasi jagung botok yuyu. Salah satu yang cukup terkenal adalah Warung Makan Bu Harsiti. Saking larisnya, warung ini mampu menghabiskan satu ember nasi jagung dan 200-300 ekor yuyu per harinya. Nah, penasaran dengan kelezatannya wisata kuliner ini?, segera saja menuju Kampung Danyang, Purwodadi.